Thursday, February 9, 2017

Akibat Sering Ciuman Bibir: Dampak Positif dan Negatif

Akibat Sering Ciuman Bibir- Banyak orang yang beranggapan bahwa ciuman bibir merupakan hal yang biasa saja tanpa menimbulkan suatu dampak. Tapi ternyata ciuman bibir memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Dampak positif tentunya sangat menyenangkan, tapi anda perlu waspada terhadap dampak negatif tersebut. Nah, berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat ciuman bibir.

Dampak Positif


Sering melakukan ciuman bibir tentunya akan memiliki dampak positif bagi anda. Dampak positif yang ditimbulkan akibat ciuman bibir tentunya akan membuat ciuman bibir menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi suatu pasangan. Nah, ini dia akibat positif yang ditimbulkan akibat ciuman bibir.

Suasana hati lebih senang


Akibat sering ciuman bibir akan membuat suasana hati and lebih senang. Saat anda mencium pasangan anda, maka otak anda akan bereaksi dengan mengeluarkan hormon dopamine. Hormon dopamine itulah yang membuat suasana hati semakin senang. Kemudian otak juga akan mengeluarkan hormone serotonin yang akan membuat hati menjadi tenang.

Mengurangi stress


Dampak yang satu ini merupakan lanjutan dari dampak sebelumnya. Ketika suasana hati anda senang dan tenang maka anda pun akan merasa relax dan nyaman sehingga anda akan melupakan sejenak permasalahan anda. Selain itu pikiran anda juga tidak akan terbebani dengan hal-hal yang membuat anda stress. Oleh sebab itu dengan sering berciuman maka akan berdampak untuk mengurangi stress.

Membakar kalori


Menurut penelitian pada saat anda berciuman terutama jika ciuman berlangsung sekitar 20 detik maka dapat membakar sekitar 2-3 kalori. Hal ini disebabkan karena adrenalin anda yang meningkat sehingga meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori. Pada saat anda berciuman, tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan kelenjar adrenal yang memacu adrenalin anda tersebut. Hal ini juga akan membuat nafas anda menjadi berat, tangan berkeringat, dan jantung lebih berdebar-debar.

Dampak Negatif


Di samping dampak positif, ternyata sering ciuman bibir juga dapat menyebabkan dampak yang negatif. Dampak negatif ini umumnya berkaitan dengan kesehatan anda yaitu penularan penyakit akibat berciuman. Berikut dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat ciuman bibir.

Mendatangkan penyakit infectious mononucleiosi


Penyakit infectious mononucleiosi merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus cytomelago. Virus ini salah satunya terdapat pada kelenjar air liur. Jika anda melakukan ciuman, maka virus ini akan berpindah melalui air liur dan masuk ke dalam sel epitel pada bagian luar mulut dan tenggorokan. Hal ini dapat membuat virus berkembang dan dapat menginfeksi sel darah putih.

Menyebabkan herpes


Dampak negatif akibat sering ciuman bibir adalah menyebabkan herpes. Herpes merupakan penyakit radang kulit yang bisa menimbulkan gelembung-gelembung berisi air pada kulit. Penyakit ini umumnya muncul di bagian mulut dan pinggang bagian atas. Penyakit herpes ini paling mudah menular melalui mulut yaitu pada saat anda berciuman.

Menyebabkan sipilis


Dampak negatif lainnya yaitu menyebabkan penyakit sipilis. Sipilis merupakan menyakit menukar seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset treponema palladium. Memang pada umumnya penyakit ini menular melalui hubungan seksual. Namun ternyata penyakit ini dapat menular melalui ciuman bibir yang sering dilakukan karena bakteri terssebut bisa menempel di dalam mulut.

Mengidap hand foot and mouth disease


Penyakit ini disebut juga dnegan flu singapura. Salah satu penularannya adalah melalui kontak langsung dengan air liur. Gejala penyakit ini adalah demam yang disertai tidak nafsu makan, sakit pada leher, pilek, serta ruam pada mulut, tangan, dan kaki.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan Akibat Sering Ciuman Bibir. Jika anda ingin terhindar dari dampak negatif terhadap kesehatan, maka pastikan anda dan pasangan dalam kondisi yang sehat dan selalu menjaga kesehatan.

 
Back To Top